Duh! Perdana Tampil Jadi Petenis Nomor 1 Dunia, Carlos Alcaraz Kalah dari Auger-Aliassime

carlos alcaraz
Carlos Alcaraz kalah dari Auger-Aliassime di pertandingan pertama sebagai nomor satu dunia. | WartaBerita.Net — Carlos Alcaraz (Foto: AFP)

WartaBerita.Net | VALENCIA — Carlos Alcaraz kalah dari Auger-Aliassime di pertandingan pertama sebagai nomor satu dunia.

Carlos Alcaraz, petenis putra termuda nomor satu dunia dalam sejarah di usia 19 tahun setelah kemenangannya di AS Terbuka pekan lalu, mengalami perjalanan pulang yang pahit saat ia kalah dari Felix Auger-Aliassime 6-7 (3/7), 6-4, 6- 2 di Piala Davis di Valencia pada Jumat (16/9/2022).

Saat tampil, Carlos Alcaraz diberi tepuk tangan meriah oleh dukungan tuan rumah yang kuat setelah penaklukan Grand Slam pertamanya.

 

Sebagai informasi, Carlos Alcaraz tampil sebagai juara US Open 2022 usai mengalahkan Casper Ruud. Petenis berusia 19 tahun itu sekaligus naik ke peringkat satu dunia. Final US Open 2022 antara Alcaraz dan Ruud tak cuma memperebutkan gelar juara. Pertandingan ini juga menentukan siapa yang akan menempati peringkat satu dunia.

Alcaraz mengalahkan Ruud dalam pertarungan empat set di final US Open 2022. Bertanding di Arthur Ashe Stadium, New York, Senin (12/9/2022) pagi WIB, Alcaraz menang 6-4, 2-6, 7-6 (1), 6-3.

Carlos Alcaraz Tampil Perdana Sebagai Petenis Nomor 1

Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz, dan lawannya dari Kanada, Felix Auger-Aliassime, memainkan permainan tunggal kedua yang mendebarkan, dengan Kanada menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Sebelumnya, Alcaraz telah menyaksikan dari pinggir lapangan pada hari Rabu saat Spanyol mengalahkan Serbia 3-0.

Saat pertandingan, Alcaraz bersaing ketat dengan lawannya dari Kanada itu melalui set pertama karena kedua pemain melakukan servis dengan kuat.

WartaBerita.Net — Felix Auger Aliassime (Kanada) beraksi selama pertandingan melawan Carlos Alcaraz (Spanyol). (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

Petenis Kanada itu sangat tak kenal ampun, memukul tujuh ace di set pertama dan memenangkan 79 persen dari poin servisnya, namun Alcaraz berjuang kembali setiap kali untuk memaksakan tie-break.

Pada tiebreak, Auger-Aliassime melakukan mini-break untuk memimpin, tetapi petenis Spanyol yang gigih itu membalikkan keadaan dan merebut set itu dengan pukulan forehand keras di garis.

Set kedua juga berlangsung dengan brilian dan seimbang, hingga Auger-Aliassime melakukan break untuk unggul 5-4. Dia kemudian melayani.

 

Di set ketiga, Alcaraz lelah, mungkin tidak mengejutkan setelah pertandingan maratonnya di New York, dan petenis peringkat 13 dunia Auger-Aliassime langsung mematahkan servisnya dan sekali lagi untuk unggul 4-1, menahan petenis Spanyol itu meski mendapat dorongan kuat dari penonton.

Roberto Bautista membuat Spanyol unggul 1-0 dalam pertandingan setelah bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Vasek Pospisil 3-6, 6-3, 6-3 sebelumnya. [WB]