Liga Champions 2020-21: Cristiano Ronaldo dan Juve Merana, Haaland Bawa Dortmund Melaju

Liga Champions 2020-21, Cristiano Ronaldo, Erling Haaland, Juventus, Borussia Dortmund
WartaBerita.Net — Cristiano Ronaldo dan Juventus tersungkur di kaki Porto di 16 besar Liga Champions 2020-21. (Foto: Fabio Ferrari/AP)

WartaBerita.Net | TURIN — Porto ciptakan kejutan di Liga champions 2020-21, dengan berhasil unggul dari tim favorit Juventus.

Sementara, Erling Haaland membuat Borussia Dortmund lolos. Juventus tersingkir dari Liga Champions pada babak 16 besar saat 10 orang Porto mencetak gol tandang setelah perpanjangan waktu. Sergio Oliveira adalah pahlawan Porto pada malam dramatis aksi Liga Champions 2020-21 ini.

Porto memenangkan leg pertama 2-1 dan maju ke delapan besar setelah kekalahan 3-2 di perpanjangan waktu di Turin membuat pertandingan berakhir dengan agregat 4-4.

Juventus vs Porto, Cristiano Ronaldo jadi kambing hitam 

Tendangan bebas Sergio Oliveira, gol keduanya malam itu, terbukti menjadi pembeda saat menembus tembok Juventus yang buruk dan melewati Wojciech Szczesny untuk membawa Porto unggul dengan tujuh menit waktu tambahan tersisa.

Setelah gol itu, tuan rumah langsung merangsek ke pertahanan lawan untuk mengembalikan keunggulan mereka pada malam itu melalui Adrien Rabiot. Sayangnya, Porto mampu bertahan hingga peluit akhir untuk menutup pertandingan dengan kemenangan yang tak terlupakan.

Di awal pertandingan, Oliveira telah membuat Porto unggul dengan penalti. Untungnya, dua gol (brace) berhasil dicetak Federico Chiesa di babak kedua untuk membalikkan keadaan bagi tim Serie A itu.

Keadaan bertambah buruk bagi Porto, karena Mehdi Taremi dikeluarkan dari lapangan di sela-sela gol Chiesa itu.

Porto tetap dalam pertandingan tersebut, dengan Pepe dalam performa yang bagus di jantung pertahanan mereka, dan membawa permainan ke 30 menit tambahan, di mana drama berlanjut dan upaya kedua Oliveira akhirnya membuat mereka lolos.

Liga Champions 2020-21, Cristiano Ronaldo, Erling Haaland, Juventus, Borussia Dortmund
WartaBerita.Net — Erling Braut Haaland ( kedua dari kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions 2020-21, Selasa (9/3/2021) atau Rabu dini hari WIB, antara Borussia Dortmund vs Sevilla di Stadion Signal Iduna. (Foto: Ina Fassbender/AFP)

Borussia Dortmund vs Sevilla, Erling Haaland jadi pembeda

Di tempat lain, Erling Haaland menjadi pemain tercepat yang mencetak 20 gol Liga Champions saat dua golnya membuat Borussia Dortmund melaju dengan mengorbankan Sevilla.

Striker tersebut hanya membutuhkan 14 pertandingan untuk mencapai target saat Dortmund bermain imbang 2-2 dalam leg kedua yang penuh aksi – maju ke babak delapan besar dengan kemenangan agregat 5-4.

Sevilla membuat Haaland diam di tahap pembukaan tetapi ia memecah kebuntuan 10 menit sebelum jeda saat ia memanfaatkan umpan Marco Reus.

Dia tampak mencetak gol solo kedua yang bagus tetapi usahanya dianulir karena pelanggaran sebelum VAR mengintervensi dan menghadiahkan Dortmund penalti untuk penarikan kaos sebelumnya di Haaland.

Itu tidak akan menjadi akhir dari drama karena penalti Haaland diselamatkan oleh Yassine Bounou, yang juga mencegah rebound hanya untuk dihukum karena keluar dari garisnya – dengan tendangan penalti diulang dan Haaland tidak membuat kesalahan.

Sevilla terus berjuang dan memberi tuan rumah sesuatu untuk dipikirkan ketika Youssef En-Nesyri membalaskan satu gol dengan penalti sendiri dan menyamakan kedudukan pada malam itu dengan sundulan terakhir di pertandingan sepakbola malam itu.

Laga Liga Champions 2020-21 lainnya

Lanjutan Liga Champions UEFA musim 2020/2021 belum usai. Putaran 16 Besar sudah menghasilkan 2 tim yang melanjutkan perjuangan di babak delapan besar, yaitu Porto dan Borussia Dortmund.

Selain dua tim itu, masih ada 6 spot yang masih kosong dan tengah diperebutkan oleh 12 tim tersisa yang akan bertanding malam nanti dan minggu depan. [WB]