Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Sudah Sepakati Kontrak 2 Tahun dengan PSG?

Lionel Messi Tinggalkan Barcelona
WartaBerita.Net — Ilustrasi: Momen konferensi pers yang resmi mengumumkan Lionel Messi tinggalkan Barcelona. (Grafis: Kru Pewarta)

WartaBerita.Net | JAKARTA — Resmi sudah, Lionel Messi tinggalkan Barcelona. Suasana emosional begitu terasa saat Lionel Messi menggelar konferensi pers, Minggu (8/8/2021). Acara ini sekaligus berpamitan kepada klub dan fans Barcelona. Lionel Messi pun tak kuasa menahan tangis.

Pada saat konferensi pers perpisahan itu, Messi sempat mengatakan bahwa langkah selanjutnya belum dapat dikonfirmasi. Namun, disebutkan bahwa megabintang asal Argentina itu telah menjalin kesepakatan kontrak dengan Paris Saint-Germain.

Sebagaimana diketahui, Lionel Messi telah berstatus pemain bebas transfer sejak kontraknya berakhir di Camp Nou pada 30 Juni 2021 lalu. Dirinya tetap bungkam sejak pengumuman Lionel Messi tinggalkan Barcelona pada Kamis (5/8/2021) bahwa ia tidak akan menandatangani kontrak baru karena masalah keuangan.

Sejak Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona, ada beberapa klub tertarik 

Penyerang Argentina itu mengatakan, bahwa dirinya telah menerima beberapa panggilan dari klub sejak pengumuman Barca itu tersiar. Messi juga membenarkan minat PSG terhadap dirinya. Bahkan, berbagai sumber mengatakan bahwa Messi telah setuju untuk menandatangani kontrak dengan tim Ligue 1 itu.

“(PSG) adalah satu kemungkinan,” ujar Messi, sebagaimana dilansir dari ESPN.

Lebih lanjut, Messi mengungkapkan kondisi hubungannya dengan klub asal Paris itu. “Tidak ada yang ditutup saat ini, tetapi kami membicarakan banyak hal. Setelah pernyataan Barca, banyak klub menunjukkan minat. Tidak ada yang final tetapi, tentu saja, ada pembicaraan,” ungkapnya.

Spekulasi memperkirakan bahwa Messi akan segera melakukan perjalanan ke Paris sebelum menyelesaikan tes medis dalam beberapa hari mendatang. Setelah itu, dia akan menandatangani kontrak dua tahun dengan opsi untuk musim ketiga.

“Dia bisa dipresentasikan di sebuah acara di Menara Eiffel dalam beberapa hari mendatang,” ujar salah satu sumber yang tak mau disebutkan identitasnya.

Tidak ingin pergi

Ditanya tentang prospek bergabung dengan rival dan menghadapi Barcelona, Messi mengatakan, “Tidak ada keraguan bahwa saya akan pergi ke tim yang akan bersaing dengan Barca,” jelasnya.

Messi pun mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin pergi, tapi keadaan mengharuskannya demikian. “Saya tidak ingin pergi, tetapi saya harus pergi. Dan saya ingin terus menang. Itulah mentalitas saya. Saya ingin menang,” lanjutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam sebuah acara di auditorium sisi Camp Nou yang dihadiri oleh dewan, skuat tim utama dan keluarganya, Messi bersikeras bahwa dia telah melakukan segala kemungkinan untuk bertahan di Barca.

“Saya sangat sedih karena saya tidak ingin pergi karena ini adalah klub yang saya cintai,” katanya.

“Saya tidak mengharapkan ini. Saya tidak pernah berbohong; saya selalu jujur ​​dan terbuka. Tahun lalu saya ingin pergi; tahun ini tidak. Itu sebabnya saya sangat sedih,” ujarnya.

“Seperti yang telah dijelaskan oleh presiden (Joan Laporta), klub memiliki (masalah) hutang. Itu tidak mungkin. Mengapa terus menariknya jika hampir tidak mungkin? Pembicaraan berhenti karena Barca tidak ingin melanjutkan, mereka tahu LaLiga tidak akan melakukannya. biarkan itu terjadi, itu tidak mungkin,” jelasnya lagi.

Messi mengatakan bahwa dirinya telah berusaha sebisa mungkin untuk bertahan di Barcelona.

“Saya melakukan semua yang saya bisa untuk bertahan dan itu tidak mungkin. Saya menawarkan untuk mengurangi gaji saya hingga 50% dan Barca tidak meminta apa pun. Mereka tidak meminta 30% lagi, itu bohong,” jelas sang legenda hidup Barca itu.

Akibat foto liburan

Soal foto dirinya dengan beberapa pemain PSG di resor pulau Spanyol Ibiza pekan lalu, termasuk Neymar dan Angel Di Maria, Messi mengatakan bahwa hal itu hanya kebetulan. Meskipun demikian, Messi mengatakan bahwa mereka bercanda tentang kemungkinan dirinya pindah ke Paris.

Lionel Messi tinggalkan Barcelona
WartaBerita.net — Foto liburan yang menebar spekulasi soal klub Messi. (Foto: football-espana.net)

Sebagai informasi, Lionel Messi, 34, telah menyetujui kontrak lima tahun baru dengan Barca. Sayangnya, itu berdampak pada tagihan gaji klub sepakbola asal Katalan yang mencapai 110% dari pendapatan mereka.

Batas pengeluaran Barcelona dengan LaLiga telah turun dari lebih dari 600 juta Euro pada musim 2019/2020 menjadi 200 juta Euro yang diharapkan untuk musim mendatang,

Dengan demikian, mustahil untuk mendaftarkan kontrak baru Messi, bahkan dengan pemotongan gaji yang besar. Persyaratan sebelumnya termasuk gaji pokok sekitar 70 juta Euro per tahun, kotor tanpa bonus.

Penghormatan terakhir

Pihak LaLiga memposting penghormatan di media sosial terkait momen Lionel Messi tinggalkan Barcelona, dan berkata: “Kami membuat sejarah bersama. Merupakan kebanggaan melihat Anda menjadi legenda. Terima kasih, Leo Messi.”

Dengan 672 gol dalam 778 pertandingan untuk Barca, Messi pergi sebagai pembuat rekor penampilan klub dan pencetak gol terbanyak. Namun, dia mengatakan tidak ada satu orang pun yang datang ke hadapan klub dan meyakinkan para pendukung bahwa ada skuat yang dibangun untuk sukses bahkan tanpa dia.

“Barca adalah salah satu tim terbaik di dunia, mereka memiliki tim yang luar biasa,” katanya. “Lebih banyak pemain akan datang, tidak hanya sekarang tetapi di masa depan. Pemain datang dan pergi. Seperti yang dikatakan Laporta, tidak ada orang yang datang sebelum klub. Pada awalnya, itu akan aneh, tetapi orang-orang akan terbiasa,” pungkas Messi. [WB]