Paulo Dybala Gabung AS Roma, Begini Peran Kunci Mourinho dan Totti

paulo dybala gabung as roma
WartaBerita.Net — Paulo Dybala akan memperkuat AS Roma. (Foto: ist)

WartaBerita.Net | ROMA — Paulo Dybala gabung AS Roma sudah dapat dipastikan. Namun, kedatangan bintang asal Agrentina itu tidak terlepas dari peran penting Jose Mourinho dan Francesco Totti dalam meyakinkan sang bintang yang saat ini berstatus bebas transfer untuk memperkuat AS Roma.

Paulo Dybala gabung AS Roma, dengan kesepakatan yang membuatnya mendapatkan bayaran enam juta euro per tahun di Serie A. Paulo Dybala meneken kontrak selama 3 tahun. Kepastian ini diungkap oleh reporter spesialis transfer pemain sepakbola, Fabrizio Romano.

“Paulo Dybala ke Roma, ini dia! Kesepakatan penuh dengan kontrak tiga tahun, berlaku hingga 2025. Dybala akan bergabung sebagai pemain berstatus bebas transfer,” jelasnya, Senin (18/7/2022).

Tak  Ada Yang Menyangka Paulo Dybala Gabung AS Roma

Berita transfer Paulo dybala gabung AS roma ini adalah langkah yang tidak terduga oleh semua pihak. Pasalnya, pemain Argentina yang meninggalkan Juventus pada akhir musim lalu itu disebutkan ingin bermain di Liga Champions. Dengan bergabung ke AS Roma, Dybala akan memperkuat tim yang hanya akan bermain di Liga Europa.

Tak hanya soal kepastian transfer, ternyata sang mantan pemain Juventus ini pun sudah bersama tim AS Roma di Faro, Portugal, menunggu untuk lulus tes medis. Hal  tersebut dikonfirmasi oleh Fabrizio Romano.

“Paulo Dybala akan menjalani tes medis sebagai pemain baru AS Roma dalam beberapa jam ke depan, dia terbang ke Portugal. Kontrak hingga Juni 2025 akan segera ditandatangani,” terang Romano.

Ternyata, ikhwal Paulo Dybala gabung AS Roma tidak terlepas dari peran kunci  yang terlibat dalam transfer tersebut. Utamanya adalah faktor Mourinho dan Totti, namun ada juga faktor lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Ingin bermain untuk Mourinho

Pelatih Roma Jose Mourinho adalah salah satu faktor utama dalam membuat kesepakatan itu terjadi. Disebutkan, pelatih asal Portugal itu telah mengontak Paulo Dybala berulang kali guna meyakinkan sang pemain untuk bergabung.

paulo dybala gabung as roma
WartaBerita.Net — Ilustrasi. (Foto: b/r football)

“Mourinho, faktor kunci. Dia menelepon Dybala untuk menjelaskan proyek tersebut. Semua dokumen sedang disiapkan,” ungkap Romano.

Penandatanganan Dybala hanya dimungkinkan karena desakan Mourinho dan prestise yang dia berikan kepada klub AS Roma ini. Terlebih dengan keberhasilan Mourinho merengkuh gelar pertama Liga Konferensi Europa yang baru, kompetisi baru UEFA yang baru saja diluncurkan pada musim 2021-2022 lalu.

Proyek Roma

Proyek yang sedang digeber AS Roma dengan Mourinho sebaga motornya menjadi hal yang mendapatkan perhatian penuh Dyala. Proyek AS Roma paling menarik, ketimbang proyek-proyek alternatif lain dari klub-klub lainnya yang walaupun dirasa cocok untuk sang pemain, tapi tidak sekokoh dan berjalan secepat yang sedang dijalankan AS Roma.

Sebut saja proyek di Inter. Klub ini telah memilik sejumlah pemain di lini depan dengan Romelu Lukaku, Lautaro Martinez, Joaquin Correa, Edin Dzeko dan Alexis Sanchez.

Inter meminta Dybala untuk menunggu sampai mereka dapat mengeluarkan pemain yang ada. Namun, Dybala tidak bisa menunggu, terlebih di tahun Piala Dunia 2022 yang digelar tahun ini.

Kemudian, ada juga proyek Napoli. Klub ini menarik dari sudut pandang olahraga tetapi tidak mengizinkan keinginan Paulo Dybala untuk memasukkan klausa pelepasan (release clause) yang rendah.

Dan, proyek yang tertinggi, ditawarkan oleh Manchester United. Walaupun paling menggiurkan, tapi klub berjuluk Setan Merah ini juga memintanya untuk menunggu. Sementara, Paulo Dybala tidak ingin menghabiskan waktu untuk menunggu tanpa kepastian

Itulah mengapa proyek solid yang ditawarkan oleh Roma di bawah kepemilikan yang stabil, yaitu dari Grup Friedkin Amerika, sangat penting.

Nomor Keramat 10 Milik Totti

Mengenakan nomor 10 dari Francesco Totti menggoda banyak pemain. Sejak pensiun pada Mei 2017, tidak ada yang mengenakan nomor itu, tetapi klub telah meyakinkan Dybala sebuah kaus yang akan menjadikannya sebagai simbol di seluruh dunia.

Walaupun pada awalnya demikian, namun, berdasarkan perkembangan terbaru, Paulo Dybala akhirnya memilih nomor punggung 21. Dia tak akan memakai nomor 10 karena respeknya yang sangat besar terhadap Totti.

Memiliki Klausa Pelepasan

Faktor klausa pelepasan ini cukup penting. Dybala akan memperkuat klub yang hanya akan memainkan kompetisi sepak bola Liga Europa di Eropa. Artinya, dia mengambil risiko dalam satu tahun di mana ada Piala Dunia pada bulan November 2022 nanti.

Bila di akhir musim AS Roma tidak dapat meraih posisi Liga Champions, maka Dybala memiliki kesempatan untuk pergi dari klub, sepanjang ada klub yang berniat menariknya dengan memenuhi klausa pelepasan yang rendah itu. [WB]