Piala AFF U19 2022: Indonesia Pesta 7 Gol ke Gawang Brunei

Piala AFF U19 2022
WartaBerita.Net — Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U19 Hokky Caraka (tengah) merayakan golnya ke gawang Tim Nasional Brunei Darussalam bersama rekan setimnya dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.)

WartaBerita.Net | JAKARTA Timnas U19 Indonesia mampu mengeluarkan pertandingan yang gemilang dan trengginas. Pada laga kedua, Senin (4/7/2022), skuad Garuda Muda ini menang telak 7-0 atas Brunei Darussalam pada Grup A Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Dengan kemenangan ini skuad asuhan Shin Tae-yong ini mengoleksi 4 poin, hasil sekali menang dan sekali seri melawan Vietnam. Pada pertandingan ketiga Rabu (6/7/2022) nanti, Indonesia akan menghadapi Thailand.

Sebagai informasi, pada pertandingan Senin (4/7/2022) sebelum timnas U19 berlaga, tim berjuluk Gajah Putih ini mampu mengalahkan Myanmar 3-0.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menilai bahwa penampilanpara awak Timnas U19 semakin membaik dan menjanjikan ketimbang pertandingan pertama.

“Permainan makin membaik. Umpan-umpan juga terlihat kian membahayakan gawang lawan. Tetap jaga kondisi agar bisa tampil lebih paten saat menghadapi Thailand,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan pun memahami ketika beberapa pemain timnas ditarik untuk digantikan pemain lain. Itu dilakukan selain menghindari cedera juga untuk menjaga fisik pemain para pemain sepakbola yang masih berusia muda itu.

“Bermain dua kali sehari pasti menguras fisik pemain. Jadi bagus ketika kita sudah unggul banyak, kemudian dilakukan pergantian pemain starter,” imbuh Iriawan.

Setelah melawan Thailand, Indonesia akan menghadapi Filipina (8/7) dan melawan Myanmar (10/7). Semua laga itu akan dipertandingkan di Stadion Patriot Candrabhaga.

Jalannya Pertandingan

Sejak awal Timnas Indonesia U-19 sudah langsung menekan pertahanan Brunei. Tekanan Timnas Indonesia U-19 berbuah positif lewat serangan Hokky.

Di menit ke-2, Hokky Caraka sukses membobol gawang Brunei, menyambut umpan matang Kakang Rudianto. Gol cepat itu turut meningkatkan kepercayaan diri pemain-pemain Timnas Indonesia.

Timnas U19 terlecut semangatnya, dan berhasil mencetak lima gol tambahan sepanjang babak pertama.

Hokky Caraka menutup babak pertama dengan torehan quattrick. Sementara, dua gol lainnya dibukukan oleh Ronaldo Kwateh dan Arkhan Fikri. Total 6 gol berhasil disarangkan Timnas U19 ke gawang Brunei.

Setelah Timnas Indonesia U-19 unggul enam gol di babak pertama, Shin Tae Yong memutuskan menarik keluar Arkhan Fikri, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan dan digantikan oleh Zanadin Fariz, Razzaa Fachrezi dan Ferdiansyah Cecep . Hal itu tak lepas sebagai bagian dari rotasi pemain di tengah jadwal padat fase grup Piala AFF U-19 2022.

Berbeda dengan babak pertama, Timnas Indonesia U-19 mengalami kesulitan untuk membongkar pertahanan Brunei di awal babak kedua. Brunei mampu membendung serangan-serangan Timnas Indonesia dengan lebih baik.

Gol ketujuh yang ditunggu oleh Timnas Indonesia U-19 baru hadir di menit ke-61 lewat Alfriyanto Nico yang baru menginjakkan kaki di lapangan dua menit sebelumnya. Nico bisa mendapat bola liar di kotak penalti lalu melepaskan tembakan kaki kiri yang bersarang di pojok kanan atas gawang Brunei.

Setelah mencetak gol ketujuh, Timnas Indonesia U-19 terus berusaha keras menambah pundi-pundi gol demi bisa memiliki keuntungan dalam hal selisih gol.

Sejumlah peluang juga hadir dan didapat oleh Rabbani Tasnim dan kawan-kawan.Namun pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 kurang tenang dalam memaksimalkan peluang. Skor 7-0 untuk Timnas Indonesia U-19 bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain

Indonesia: Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Kakang Rudianto (Alfriyanto Nico 59), Marcel Januar, Michael Alfredo Tata; Arkhan Fikri, Dimas Juliono, Marselino Ferdinan (Razzaa Fachrezi 46), Rafli Asrul; Hokky Caraka (Rabbani Tasnim 70), Ronaldo Kwateh (Ferdiansyah Cecep 46).

Brunei: Danish Aiman Mardianni; M Ammar Rawi Abdul Suwardy, Maverick Lim Soon Heng, M Hirman Haji Abdul Latip, M Syaherrul Affendy Syahmirul Nizam; M Ali Munawwar, Danisyh Syaree Masrazni, Eddy Shahroi Izzat, M Idzzaham Aleshahmezan, M Hakeme Yazid; M Bazli Aminuddni.

(sumber: HeloBorneo)