Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai, Menhub Soroti Profesionalisme KCI

penumpukan penumpang, menhub Budi Karya, stasiun manggarai
WartaBerita.Net — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) meninjau Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (14/5/2021). Dirinya juga sempat berbincang dengan seorang penumpang. (Foto: ANTARA/Ahmad Wijaya)

WartaBerita.Net | JAKARTA — Penumpukan penumpang yang terjadi di Stasiun Manggarai, Jakarta, menjadi sorotan Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan sidak di stasiun itu, Jumat (14/5/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) tidak profesional dalam mengatur jumlah penumpang kereta api yang seharusnya menjadi perhatian serius KCI. Akibatnya, terjadi penumpukan penumpang.

Dilansir dari Antara saat meninjau Stasiun Manggarai di Jakarta, Jumat (14/5/2021), Menhub menilai KCI tidak profesional mengatur arus penumpang.

“Saya menilai PT KCI tidak profesional, sehingga terjadi penumpukan penumpang kereta api dan ini sangat tidak kita harapkan,” ujar Budi.

Penumpukan penumpang dan ketiadaan prokes

Saat Menhub melakukan peninjauan langsung di Stasiun Manggarai serta melakukan wawancara dengan sejumlah penumpang, Menhub melihat langsung kondisi penumpang kereta commuter yang padat.

Praktis, kepadatan penumpang itu meniadakan penerapan protokol kesehatan, karena tidak adanya pengaturan jarak serta pemeriksaan antigen secara random.

Selama sekitar satu jam berada di Stasiun Manggarai, Menhub mengatakan dalam satu gerbong ada lebih dari 70 penumpang sehingga tidak terdapat jaga jarak yang menimbulkan risiko potensial menjadi penyebab munculnya kluster COVID-19.

Peringatan Menhub untuk antisipasi kondisi akhir pekan

Lebih lanjut, Menhub mengingatkan agar kejadian penumpukan penumpang ini menjadi pelajaran berharga untuk semua pihak yang mengelola transportasi massal untuk terus melakukan prokes. Menhub juga mengingatkan agar hal ini tidak terjadi lagi di semua daerah.

Dalam penjelasannya, Menhub mengatakan dalam 3-4 hari terakhir  setidaknya ada 200 ribu penumpang yang naik kereta komuter setiap harinya. Dirinya pun mengingatkan peningkatan penumpang pada akhir pekan nanti.

“Saya memperkirakan untuk besok Sabtu dan Minggu jumlah penumpang kereta komuter akan naik jadi 300-400 ribu orang tiap hari. Saya tegaskan ini harus menjadi perhatian serius PT KCI,” tegas Budi Karya.

Menhub mewanti-wanti pihak KCI agar kejadian penumpukan  penumpang ini tidak terjadi lagi. “Saya perintahkan ke PT KCI agar kejadian serupa mulai besok Sabtu dan seterusnya tidak terulang lagi dan harus jalankan prokes ketat,” tegas sosok yang menjadi penyintas COVID-19 ini.

Penjelasan pihak KCI

Terkait peringatan Menhub Budi Karya Sumadi, pihak KCI memberikan penjelasan.

Vice President Corporate Secretary PT KCI Anne Purba mengakui pihaknya memang kewalahan mengatur prokes penumpang mengingat saat liburan ini kriteria penumpang adalah penumpang musiman yang tidak terbiasa menjalankan prokes.

Dikatakannya, sejumlah stasiun akan menjadi perhatian KCI mengingat besarnya potensi terjadinya  lonjakan penumpang. Stasiun tersebut yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bekasi, serta Stasiun Bogor.

Anne Purba mengatakan pihak KCI berjanji akan melakukan perbaikan pengaturan penumpang seperti yang diperintahkan Menhub. “Kami akan berkoordinasi dengan PT KAI dengan meningkatkan pengaturan petugas untuk memperketat pengawasan sehingga jalankan prokes,” tukasnya. [WB]