Duh! Tujuh Kasus Impor Positif COVID-19 di Taiwan, Lima dari Indonesia

Kasus Impor, Positif COVID-19, Taiwan
WartaBerita.Net — Ilustrasi: Salah satu ikon wisata di Taiwan, Chiang Kai Shek Memorial Hall. (net)

WartaBerita.Net | TAIPEI — Taiwan mendapati tujuh kasus impor positif COVID-19 pada Sabtu (27/3/2021). Dari ketujuh kasus baru tersebut, lima di antaranya berasal dari Indonesia.

Melansir dari Antara, Pusat Komando Epidemi Taiwan (CECC) menyebutkan bahwa kelima warga negara Indonesia (WNI) tersebut adalah pekerja migran pria di sektor perikanan yang berusia sekitar 20 tahunan.

Kelima pria tersebut tiba di Taiwan pada 4 Maret dengan hasil tes negatif yang dilakukan dalam tiga hari setelah kedatangan. Kemudian tes pada 17 Maret sebelum menyelesaikan karantina wajib, kelimanya juga negatif.

Lalu mereka tes lagi pada Rabu (24/3) sebagai persyaratan untuk bisa memulai bekerja di Taiwan. Hasilnya yang dikeluarkan pada Sabtu ternyata positif. CECC mengategorikan kelima WNI tersebut sebagai kasus tanpa gejala. Di Taiwan terdapat sekitar 290 ribu WNI pria dan wanita yang bekerja di sektor formal dan informal.

Berdasarkan tracing yang dilakukan otoritas Taiwan, ditemukan delapan orang yang melakukan kontak dekat dengan kelima WNI tersebut. Delapan oran tersebut sudah terlacak dan sedang dikarantina di rumah.

Sementara itu, dua kasus positif COVID-19 lainnya melibatkan warga negara Amerika Serikat dan warga negara Filipina.

Sebagai informasi, CECC menyebutkan hingga saat ini terdapat 1.020 kasus positif di Taiwan, yang didominasi oleh kasus bawaan dari luar negara tersebut, atau kasus impor, yaitu sebanyak 904 kasus.

Dari total kasus tersebut, sebanyak 978 orang telah dinyatakan sembuh. Sementara sisanya sebanyak 32 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, dan 10 meninggal dunia. [WB]