Cetak Rekor Baru! Ekspor Kendaraan Ramah Lingkungan Korsel Naik 41,4 Persen

kendaraan ramah lingkungan
WartaBerita.Net — Mobil listrik, salah satu kendaraan ramah lingkungan yang jadi andalan ekspor Korsel. (Foto: Yophap)

WartaBerita.Net | SEOUL — Jumlah ekspor kendaraan ramah lingkungan, termasuk mobil listrik (EV), dari lima produsen mobil Korea Selatan dilaporkan meningkat tajam.

Menurut data dari Asosiasi Produsen Otomotif Korea (KAMA) pada Senin (29/8/2022), volume ekspor mobil ramah lingkungan dari lima produsen mobil Korea Selatan tercatat mencapai total 305.909 unit pada periode Januari-Juli tahun ini, naik 41,4 persen dibandingkan periode yang sama setahun lalu.

Jumlah ekspor mobil ramah lingkungan di Korea Selata pada bulan Juli mengalami kenaikan 59,9 persen dari bulan yang sama tahun sebelumnya, menjadi 54.164 unit.

Kendaraan Ramah Lingkungan Semakin Diminati

Dari total jumlah ekspor kendaraan ramah lingkungan dalam periode tersebut, Hyundai dan Kia mengekspor masing-masing 139.912 unit dan 131.837 unit, naik 21,7 persen dan 49,3 persen dari periode yang sama setahun lalu. Hal ini menunjukkan kendaraan ramah lingkungan semakin banyak peminatnya.

Berdasarkan bahan bakar, 116.600 unit mobil listrik diekspor dalam periode tersebut, mengalami peningkatan terbesar dengan kenaikan sebanyak 56,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu saat tercatat ekspor 74.518 unit.

Berkat kenaikan jumlah ekspor tersebut, nilai ekspor kendaraan ramah lingkungan Korea Selatan juga mencapai rekor baru dengan catatan 8,76 miliar dolar AS dalam periode tersebut.

Nilai ekspor hanya di bulan Juli saja tercatat sebesar 1,48 miliar dolar AS, mencapai 28 persen dari total ekspor mobil Korea Selatan. [WB]