Resesi Global Menghadang, Citibank: Bahaya Nyata Saat Ini

resesi global
WartaBerita.Net — Ilustrasi. (net)

WartaBerita.Net | JAKARTA — Kemungkinan resesi global menyelimuti perekonomian dunia saat ini memang tidak main-main. Sudah banyak pihak yang memperingatkan tentang hal ini.

Salah satu pihak yang memberi peringatan tentang kemungkinan resesi global ini adalah Citibank. Ekonom Citi bahkan menyebut resesi global sebagai bahaya yang jelas dan nyata saat ini. “Resesi global, tidak dapat disangkal, merupakan bahaya yang jelas dan sekarang,” demikian peringatan pihak Citibank, dikutip dari Bloomberg, Rabu (20/7/2022).

Bahkan, pihak bank memprediksikan ekonomi dunia tumbuh hanya 2,9% tahun ini, dan sebesar 2,6% di tahun 2023.

Kemungkinan Resesi Global

Para ekonom Citibank yang dipimpin oleh Nathan Sheets juga kembali mengulangi peringatan bahwa mereka melihat 50% risiko resesi dunia. “Risiko terhadap perkiraan kami terlihat sangat condong ke sisi bawah. Karena itu, kami juga menegaskan kembali panggilan resesi 50% kami yang telah kami sebutkan sebelumnya,” jelas mereka.

Prediksi tersebut diungkapkan dalam sebuah laporan kepada para klien mereka, baru-baru ini.

Itu berarti pertumbuhan global akan berada di bawah tren normal. Selain itu, diperkirakan AS dan kawasan zona Eropa diperkirakan akan tergelincir ke dalam resesi ringan selama 12 hingga 18 bulan ke depan.

“Secara keseluruhan, berdasarkan perkiraan, kami melihat ekonomi global meluncur dan menghindari penurunan yang sinkron,” kata para ekonom itu.  [WB]