Thailand Dukung Indonesia Pimpin ASEAN pada 2023

thailand dukung indonesia
Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai, bertemu dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi, di New York City di sela-sela sidang ke-77 Sidang Umum PBB, pada 19 September 2022 lalu. | WartaBerita.Net — Foto: Kemlu RI

WartaBerita.Net | NEW YORK – Thailand Dukung Indonesia pimpin ASEAN pada tahun 2023 mendatang. Dukungan tersebut terungkap saat Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai, bertemu dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi, di New York City di sela-sela sidang ke-77 Sidang Umum PBB, pada 19 September 2022.

Menlu RI menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan Thailand terhadap Kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada 2023.

“Kepemimpinan ini dilakukan di tengah situasi dunia dan regional yang penuh tantangan. Dukungan dari seluruh negara anggota ASEAN akan sangat membantu Indonesia dalam menjalankan kepemimpinannya,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Thailand Dukung Indonesia Hadapi Tantangan Eksternal ASEAN

Lebih lanjut Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa ASEAN menghadapi tantangan eksternal dan internal.

Tantangan eksternal terkait erat dengan situasi dunia yang sangat dinamis. Sedangkan Tantangan internal antara lain krisis politik yang berkepanjangan di Myanmar.

Kedua Menteri bertukar pikiran tentang jalan terbaik bagi ASEAN untuk terus menjadi penggerak stabilitas dan kemakmuran kawasan. Keduanya juga sepakat untuk melanjutkan diskusi tentang masalah Myanmar pada bulan Oktober 2022 di Bangkok. [WB]