PAN Gelar Rakernas Agustus Nanti, Bakal Umumkan Capres 2024

capres 2024
WartaBerita.Net — Yandri Susanto. (Foto:. DPR RI)

WartaBerita.Net | JAKARTAPartai Amanat Nasional (PAN) segera menggelar kegiatan partai berskala nasional pada akhir Agustus 2022 nanti. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto mengatakan bahwa partainya segera mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Yandri Susanto mengungkapkan bahwa Rakernas tersebut memiliki salah satu agenda penting. Yaitu, menyaring nama-nama usulan capres dari kader di daerah untuk nantinya didukung oleh PAN di Pikpres 2024.

Namun, Yandri belum mengungkap tanggal persis pelaksanaan Rakernas partainya itu. Menurut penuturannya, para kader di tingkat kabupaten kota saat ini tengah mengumpulkan tak kurang dari nama 10 nama yang akan diusulkan ke tingkat daerah atau DPW.

Dia  mengatakan, nama-nama tersebut oleh DPW akan dikerucutkan menjadi enam nama saja saat pembahasan di tingkat Rakernas. “Di kabupaten kota itu 10 nama dikerucutkan enam nama ke tingkat DPW, DPW mengirimkan enam nama ke DPP yang itu akan dibahas di tingkat Rakernas,” jelas Yandri kepada wartawan di kompleks parlemen, Selasa (19/7/2022).

Yandri menjelaskan, bahwa PAN hingga saat ini juga masih intens menjalin komunikasi dengan partai di KIB, yakni Golkar dan PAN. Pihaknya juga membuka pintu bagi PDIP, PKB, maupun parpol lainnya.

Capres 2024, Semuanya Berpeluang

Lebih lanjut, politikus PAN ini mengungkap sejumlah nama yang mulai mengemuka saat ini atau sebulan jelang Rakernas. Beberapa di antaranya kata dia seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Erick Thohir, Airlangga Hartarto hingga Zulhas.

Menurut dia, nama-nama tersebut memiliki peluang yang sama untuk diusung PAN maupun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Saya kira semua berpeluang untuk diusung oleh PAN, diusung oleh KIB, termasuk ya silaturahmi dengan PDIP mungkin dalam rangka memperkuat basis dukungan,” pungkas Wakil Ketua MPR pengganti Zulkifli Hasan itu.  [WB]