Wah! Airlangga Hartarto Diusulkan Sebagai Bakal Capres 2024 di Rakernas PAN

airlangga hartarto, rakernas PAN, bakal capres 2024
WartaBerita.Net — Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa (tidak terlihat pada gambar) daftar bareng ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8) hari ini. (Foto: Istimewa)

WartaBerita.Net | JAKARTAPartai Amanat Nasional (PAN) telah usai menggelar Rakernas, dan merekomendasikan 9 nama calon presiden yang potensial akan diusung di Pilpres 2024. Sembilan nama itu berasal dari elite partai, menteri, hingga kepala daerah.

Sembilan nama tersebut diumumkan saat penutupan Rakernas di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Sembilan nama bakal Capres 2024 yang akan diusung PAN di Pilpres 2024 itu memiliki beragam latar belakang, mulai dari menteri, kepala daerah, hingga  elite partai.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membacakan langsung usulan nama-nama bakal Capres 2024 tersebut saat penutupan Rakernas. Sosok yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan ini mengatakan bahwa nama-nama tersebut adalah hasil musyawarah saat rakernas.

Airlangga Hartarto Diusulkan Sebagai Bakal Capres 2024

Nama Airlangga Hartarto, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan juga duduk di pemerintahan menjabat sebagai Menko Perekonomian RI  menjadi salah satu yang  disebut namanya oleh Zulkifli Hasan.

“PAN saat ini sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini harus punya peran dalam kontestasi politik mendatang. Oleh karena itu, semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa didorong, satu Zulkfili Hasan, terima kasih. Kader pasti ingin ketumnya. KIB itu ada 3, kedua Golkar, diusulkan beberapa DPW Pak Airlangga untuk jadi capres, ketiga Pak Suharso Monoarfa dari PPP, Satu lagi pimpinan PDIP Bu Puan Maharani. Itu dari parpol ya,” ujar Zulhas.

airlangga hartarto, rakernas PAN, bakal capres 2024
WartaBerita.Net — Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menutup Rakernas PAN, Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8). (Foto: CNNIndonesia/Loamy N)
Diumumkan Langsung Oleh Ketum PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengumumkan langsung kesembilan nama tersebut saat penutupan Rakernas PAN malam tadi di Jakarta.

Zulhas, demikian panggilan akrabnya, menegaskan bahwa kesembilan nama bakal Capres 2024 itu murni sebagai hasil aspirasi dan musyawarah, tanpa tekanan ataupun paksaan.

Dia pun menerangkan proses munculnya nama-nama tersebut.

“PAN telah melaksanakan ‘Program PAN Memilih’ untuk calon-calon kepemimpinan nasional. Mekanisme demokrasi yang dijalankan partai amanat nasional adalah melakukan penjaringan aspirasi rakyat di tingkat akar rumput melalui mekanisme partai, yaitu di rapat kerja daerah (rakerda) PAN di 514 kabupaten atau kota. Prosesnya sangat demokratis. Tanpa adanya tekanan atau paksaan. Semua kader dapat mengusulkan aspirasi rakyat melalui forum rakerda,” jelasnya.


Berita terkait: Rakernas PAN Usulkan 9 Bakal Capres 2024, Ada Nama Anies Baswedan


Untuk saat ini, sembilan nama yang muncul di Rakernas PAN bukan keputusan final capres usungan PAN. Nantinya, nama-nama itu bakal dikerucutkan lagi pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) PAN. Namun, saat ini belum ada kepastian soal waktu penyelenggaraan Rapimnas PAN itu. [WB]