Menhan Rusia Sebut Amerika Serikat Berniat Acak-Acak Asia Tenggara

menhan rusia
WartaBerita.Net — Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu (Foto: net)

WartaBerita.Net | JAKARTA —  Kabar terbaru soal perang datang dari Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang mengungkapkan rencana Amerika Serikat (AS) untuk merusak postur keamanan di kawasan Asia, khususnya Asia Tenggara.

Melansir Kantor Berita Rusia, TASS pada akhir pekan lalu, AS sengaja memperkeruh situasi konflik antara China dan Taiwan. Hal itu dilakukan demi hegemoninya di dunia Amerika. Pernyataan tersebut disampaikan di depan para delegasi Organisasi Pertahanan Shanghai (SCO), termasuk Menteri Pertahanan China, yaitu Jenderal Wei Fenghe.

“Untuk memastikan hegemoni globalnya, Washington berusaha memecah arsitektur keamanan regional yang mapan di Asia Tenggara,” ujarnya dikutip Senin (29/8/2022).

Menhan Rusia Langsung Sebut AS Sebagai Dalang Keributan

Shoigu bahkan tak segan menyebut Amerika Serikat sebagai dalang dari eskalasi sengketa di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

“Sebuah front sedang disatukan untuk menahan China. Apa yang disebut masalah Taiwan sengaja diperburuk, dan sengketa teritorial di Laut China Selatan dan Laut China Timur sedang dikobarkan,” ujar Shoigu.

Shoigu mengaku ia juga mendapatkan laporan bahwa Amerika tengah membuat rangkaian skenario untuk merusak postur keamanan di Asia Tenggara. Artinya, ia meyakini bahwa AS yang menciptakan konflik di sejumlah negara kawasan Asia Tenggara dengan situasi yang dipastikan takkan mudah diprediksi.

“Asia Selatan, Asia Tenggara, kemudian di sana juga kami menyaksikan serangkaian kontradiksi transnasional yang kompleks. Skenario perkembangan yang sulit diprediksi,” ungkapnya. [WB]